Hadirkan Program RTB-2023 Secara Serentak Ditlantas Polda Riau Tingkatkan Kamtibmas Dan Kamseltibcaralntas

Pekanbaru, tvarnews.com–Dalam rangka Antisipasi kerawanan dibulan Desember 2023, Ditlantas Polda Riau dan jajaran hadirkan program Riau Tertib Berkeselamatan ( RTB – 2023 ) guna meningkatkan KAMTIBMAS dan KAMSELTIBCARLANTAS jelang akhir Tahun 2023 – 2024.

Dirlantas Polda Riau Kombes Taufik Lukman Nurhidayat, SIK, MH menjelaskan bahwa, Program Riau Tertib Berkeselamatan tersebut merupakan program lanjutan dari Bulan Tertib Helm yang telah sukses dilaksanakan selama bulan November lalu.

“Jadi, untuk program Riau Tertib Berkeselamatan ini akan kita laksanakan mulai dari Tanggal 07 Desember hingga tanggal 31 Desember 2023 ini, perlu kita jelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan Riau Tertib Berkeselamatan mengusung tema ” Disiplin dan Tertib dalam berlalu lintas Cerminan Budaya Bangsa,” ucap Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, Jum’at (08.12.23)

Adapun tujuh sasaran prioritas dalam pelaksanaan kegiatan program Riau Tertib Berkeselamatan yang di jelaskan Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat sebagai berikut sebagai berikut.

1. Menggunakan Ponsel Saat Berkendara.

2. Tidak Menggunakan Safety Belt

3. Kendaraan Barang Mengangkut Penumpang di Atas Bak Terbuka

4. Berkendara Melebihi Batas Kecepatan.

5. Pengendara di Bawah Umur

6. Tidak Menggunakan Helm SNI

7. Melawan Arus Lalu Lintas.

Lebih lanjut di jelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan program Riau Tertib Berkeselamatan Ditlantas Polda Riau serta Satlantas jajaran juga melaksanakan kegiatan Sosialisasi serta edukasi ke sekolah, kemudiaan sosialisasi kepada masyarakat yang terorganisir maupun masyarakat yang tidak terorganisir dan juga personil melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi tentang keselamatan lalu lintas saat di lapangan.

“Kita juga akan melaksanakan berbagai kegiatan seperti, Police Goes To School dan Kampus, Kampanye Keselamatan, kemudian kegiatan edukasi kepada masyarakat di area Carr free Day. Tentu nya harapan kita semua kepada masyarakat agar taat dan patuh dalam berkendara dan terwujud nya Kamseltibcarlantas di Provinsi Riau.” Ujar Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat.

Lebih lanjut, Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK, MH juga menegaskan bahwa, melalui Program RTB – 2023 tersebut, Ditlantas Polda Riau beserta Satlantas Jajaran terus hadir langsung di tengah masyarakat, guna meningkatkan keamanan, ketertiban di tengah masyarakat dan juga tercipta lalu lintas yang aman dan nyaman selama bulan Desember jelang Tahun Baru 2024.

“Untuk memberikan efek jera kepada pengendara yang melanggar tata tertib berlalu lintas di Program RTB – 2023 kita barengi dengan penegakan hukum secara elektronik menggunakan ETLE, Untuk di Jl. TOL Pekanbaru – Dumai kita juga telah bekerjasama dengan PT. HK memasang ETLE di Tol Pekanbaru-Dumai untuk menindak pengendara yang melakukan pelanggaran, pengendara yang melebihi batas kecepatan dan tidak munggunakan sabuk pengaman(safety belt),” jelas Mantan Kabidkum Polda Riau tersebut.

“Perlu kita sadari bahwa, untuk merubah perilaku masyarakat untuk menciptakan budaya tertib dan patuh terhadap aturan lalu lintas membutuhkan proses dan waktu serta kegigihan kita semua.

Untuk itu kami menghimbau “ingat kecelakaan diawali dari pelanggaran, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas secara kasat mata masih sering terjadi, melalui program RTB – 2023 mari kita patuhi peraturan berlalu lintas saat berkendara, jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas guna tercipta nya KAMSELTIBCARLANTAS yang berkesinambangan di Provinsi Riau.” Tutup Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK, MH. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *