Kejaksaan Tinggi Sumatra Barat Menang Dalam Prapradilan Terkait Kasus Dinas Pendidikan Sumbar Yang Diajukan Oleh Tersangka Doni Rahmat Samulo

Sumbar, tvarnews.com–Pengadilan Negeri Padang menolak gugatan praperadilan tersangka kasus dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Disdik Sumbar) berinisial DRS, Senin (8/7/2024).

Dalam putusan yang dibacakan hakim tunggal Anton Rizal Setiawan, permohonan tersangka tidak dapat dikabulkan.

“Menolak seluruh dalil permohonan Pemohon dan menyatakan sah penetapan tersangka,” kata hakim tunggal Anton membacakan putusannya, Senin (8/7/2024).

Menurut Anton, penetapan tersangka DRS yang dilaksanakan penyidik Kejaksaan Tinggi Sumbar terhadap perkara pengadaan alat praktek SMK pada Dinas Pendidikan Sumbar dengan pagu anggaran sebesar Rp 18 miliar tahun 2021 sudah benar.

Sementara Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Sumbar Hadiman menyebutkan dengan putusan itu tidak ada yang salam dalam penetapan tersangka DRS dalam kasus itu.

Hadiman mengatakan dalam putusan perkara Pra Peradilan Nomor : 07/Pid.Pra/2024/PN.PDG Tanggal 8 Juli 2024 atas nama tersangka DRS itu sudah jelas menyebutkan proses penetapan tersangka sudah sesuai prosedur. “Gugatan Pra Peradilan Pemohon meminta tidak sah penetapan tersangka yang dilakukan Kejati Sumbar, maka PN Padang memutus menolak seluruh dalil permohonan Pemohon dan menyatakan sah penetapan tersangka DRS,” jelas Hadiman.

Menurut Hadiman, tim Penyidik segera merampungkan berkas perkara tersangka DRS beserta tersangka lainnya untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor.

Sebelumnya diberitakan,Kejati menyidik kasus dugaan mark up pengadaan peralatan praktek siswa SMK di Sumbar tahun 2021. Ada empat pengadaan yaitu pengadaan peralatan praktek siswa SMK sektor kemaritiman, sektor tanaman pangan, sektor otomotif dan sektor pariwisata dengan total anggaran Rp 18 miliar lebih.

 

Sumber Kasipenkum Kejati Sumbar//Redaksi Rahman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page