Komite SDN,02, Kandis, Laksanakan Klarifikasi , pemberitaan ciber,88 tentang pungli, hoaks.

Kandis,Tvarnews.com-Pihak Komite sekolah SDN, 02 Kandis, kecamatan Kandis kabupaten Siak, melaksanakan Klarifikasi pada beberapa awak media tentang pemberitaan pungli Hoaks ( Bohong) oleh media Ciber 88 , klarifikasi di adakan pada,Senin,6/6/2022, acara di mulai sekitar pukul 9, WIB,pagi sampai selesai.

Dalam klarifikasi ketua komite sekolah SDN 02 Kandis, pada awak media , yaitu tentang pemberitaan PUNGLI SDN 02 oleh wartawan media online,Ciber 88, dalam pemberitaan bahwa” pihak sekolah SDN 02 meminta uang perpisahan puluhan juta rupiah pada wali murid” atas pemberitaan ini kami pihak komite sangat di rugikan, dan juga merusak citra dan Marwah Komite sekolah,dan reputasi sekolah SDN 02.ini pemberitaan ini harus bisa di pertanggung jawabkan oknum wartawan tersebut.

Dermanto Situmorang, sebagai ketua komite,di dampingi Dedianto Malau, sebagai bendahara komite,dan Meskeria Manik sebagai sekertaris, dalam klasifikasi menerangkan di depan awak media ,Bahwa pemberitaan di media Ciber 88, adalah bohong ( Hoaks),perlu di jelaskan ujar Dermanto,bahwa pemberitaan itu bohong, tidak jelas Narasumber nya tegasnya.

Kami sebagai pengurus komite sekolah sangat resah oleh pemberitaan tersebut, semuanya isi pemberitaan tidak ada kebenaranya, semua bohong . Didalam berita Ciber 88 di katakan wali murid sangat keberatan , ternyata Bahwa wali murid tidak ada yang merasa keberatan , kegiatan atas kesepakatan wali murid,sesuai undangan rapat dan surat pernyataan orang tua murid.sambil surat di tunjukkan oleh komite

Kegiatan perpisahan itu terlaksana dari dorongan orang tua, melalui komite sekolah, bukan permintaan kepala sekolah dan guru,tapi murni permintaan wali murid melalui komite sekolah.

Atas musyawarah dan mufakat maka wali murid dan komite melakukan perpisahan di lingkungan sekolah,dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan semua pihak ,baik para siswa dan orang tua beserta para guru.

Jelas nampak dari Isak tangis para siswa dan guru di saat pelepasan.semuanya gembira , tidak ada paksaan seperti pemberitaan ciber 88 tersebut.

pemberitaan wartawan Ciber 88 tersebut jelas bohongnya,di katakanya jumlah siswa SDN 02 yang perpisahan 150 orang, yang benar 112 siswa, yang membantu dalam kegiatan pelepasan hanya 100 siswa, sedangkan 12 orang tidak ikut membantu karena orang tua siswa tersebut kurang mampu,dari situ jelas tidak ada paksaan. kegiatan murni usulan wali murid melalui komite sekolah .

Menurut seorang wali murid yang enggan disebutkan namanya , bahwa kegiatan perpisahan siswa kelas VI SDN 02 kadis tahun ajaran 2021/2022 memang benar usulan wali murid ,kami ikhlas dan sukarela.

Juga Dedianto Malau menerangkan di saat konferensi pers dan klarifikasi tentang pemberitaan bohong ( Hoaks) media online Ciber 88 , buktinya bahwa yang di kumpulkan persiswa bukan 450 ribu seperti pemberitaan yang ada di Ciber 88 , yang benar 415ribu.
Juga jumlah siswa bukan 150 orang , tetapi yang sebenarnya 112 orang, jelas pemberitaan oknum wartawan tersebut semua bohong dan tidak ada kebenaran ya.

Dedianto juga menjelaskan, bahwa kegiatan pelepasan siswa kelas VI SDN 02 KANDIS, tahun ajaran 2021/2022, berjalan dengan baik, aman,tertib,dan lancar.tidak ada yang merasa di beratkan.

kelebihan dana di saat kegiatan di lingkungan sekolah, sebesar 3 juta rupiah, itupun di pergunakan bagi anak anak yang ingin berenang di kolam renang bintang, juga biaya akomodasi bagi anak anak di saat kegiatan renang.semuanya jelas tidak ada yang tersembunyi dan di tutupi ujarnya pada awak media.

Untuk itu Dedianto Malau, meminta pada wartawan Ciber 88, yang membuat berita atas adanya pungli di SDN 02 Kandis, agar belajar dulu ,kita perlu pertanyakan kewartawanan nya, ujarnya dengan kesal.

pemberitaan ini sangat merugikan reputasi dunia pendidikan khususnya SDN 02 Kandis,maka
meminta pihak wartawan dan redaksi Ciber 88, segera mencabut dan meralat, memperbaiki, pemberitaan yang merugikan dan serta minta maaf kepada pembaca, pendengar,dan pemirsa,sesuai kode etik jurnalistik, pasal,10.tegas Dedianto Malau

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page