Pesan Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Pada Jajaran Lapas Bengkalis”Tak Bosan Bosan Saya Ingatkan,Jangan Main Narkoba!

Bengkalis, Tvarnews.com–Setelah membuka Sosialisasi Administrasi Hukum Umum di Pantai Marina Hotel Bengkalis, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu, menyempatkan dirinya mengunjungi Lapas Kelas IIA Bengkalis, Senin siang (29/5). Dihadapan Kepala Lapas Bengkalis, Mhd. Lukman, dan jajarannya, Kakanwil memberikan Pengarahan serta Penguatan Tugas dan Fungsi.

“Menyikapi viralnya berita Pemasyarakatan akhir-akhir ini, baik hubungannya dengan peredaran narkoba ataupun pamer harta, saya meminta seluruh jajaran agar menjadikannya sebagai pelajaran untuk tidak diulangi lagi. Tak bosan-bosan saya ingatkan, jangan bermain dengan narkoba!. Perang terhadap narkoba adalah harga mati,” tegas Kakanwil. Pesannya, bagi yang masih terlibat, mulai sekarang agar berhentilah. Sayangi anak-istri kalian, mereka sudah sangat bangga karena kalian adalah bagian dari ASN Kemenkumham.

Tak ada tawar menawar, rekomendasi Kakanwil (ke pusat) bagi yang masih bermain narkoba adalah dipecat. Sudah terbukti, beberapa oknum petugas lapas/rutan dipecat karena menjadi pengkhianat organisasi dengan menyelundupkan narkoba baik didalam maupun diluar lapas/rutan.

Kakanwil kemudian mengingatkan kembali mengenai 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yang digaungkan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran gelap narkoba, dan sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya. “Apabila tiga kunci Pemasyarakatan maju ini dijalankan dengan sebaik mungkin, maka segala permasalahan yang ada di Lapas dan Rutan dapat diselesaikan dengan baik,” ungkap Jahari Sitepu.

Lalu, saya pesankan juga kepada jajaran untuk memberikan informasi sekecil apapun kepada pimpinan lapas terkait tugas dan wewenang kalian, terutama kondisi keamanan warga binaan. Aktifkan fungsi intelijen lapas, perlakukan warga binaan layaknya saudara kalian, dan layani mereka dengan manusiawi. “Jangan coba-coba minta ini itu, pungut ini itu. Semua layanan di Lapas Bengkalis ini nol rupiah. Terutama layanan PB/CB/CMB, Remisi dan sebagainya. Jangan kalian buat kesempatan untuk memperkaya diri kalian, ketauan sama saya, saya dapat laporan kalian curang, siap-siap kena sanksi berat!,” pesannya lagi.

Peredaran HP di lapas/rutan menjadi biang kerok permasalahan. Untuk itu, kakanwil meminta dengan tegas untuk membersihkan lapas dari HP, jangan ada petugas yang coba-coba menjadi pengkhianat, yang menjadi penyelundup HP ke dalam lapas. Jahari pun meminta lapas untuk menyiapkan locker penyimpanan HP petugas agar tidak membawa HP kedalam blok hunian, yang berpotensi dipinjamkan kepada wargabinaan.

Selanjutnya, pihak lapas untuk segera memutakhirkan data warga binaan sebagai langkah dalam ikut serta Pemilihan Umum 2024 yang menjadi hak WBP. Tak kalah penting, Lapas Bengkalis diminta untuk berperan aktif melakukan pemberitaan positif dengan mempublikasikan kegiatan pembinaan warga binaan agar masyarakat mengetahui kinerja petugas dan kegiatan WBP di dalam lapas tidak hanya makan dan tidur saja.

“Saya tak akan bosan-bosan mengingatkan kalian. Kalau kalian mau mengikuti, Alhamdulillah. Kalau tak mau dengar juga, itu terserah kalian. Tanggungjawabi semua perbuatan kita masing-masing. Yang berprestasi akan diperhatikan, yang bermasalah akan diberi sanksi. Ada reward, ada punishment,” tutupnya.(Red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page