Polres Dumai Jajaran Akan Menggelar Operasi Cipta Kondisi dengan sandi ‘Tertib Ramadhan’ Akan Dimulai 23 Maret, hingga 19 April 2023.

DUMAI, Tvarnews.com–Polda Riau beserta Polres Jajaran akan menggelar Operasi Cipta Kondisi dengan sandi ‘Tertib Ramadhan’ yang akan dimulai pada 23 Maret 2023 hingga 19 April 2023.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K mengatakan, konsep operasi tersebut nantinya polisi akan melakukan upaya edukasi dan humanis serta pendekatan kepada seluruh masyarakat guna terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif serta diharapkan dapat memberikan rasa aman dan perlindungan kepada masyarakat selama pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1444H/2023M.

Ia menuturkan, saat Bulan Ramadhan, memang identik dengan kenakalan remaja seperti sahur on the road yang tak jarang berujung menjadi penyebab tawuran dan balap liar khususnya diwaktu subuh yang tidak sedikit menimbulkan korban jiwa.

“Oleh karenanya kita lakukan penekanan agar hal-hal yang serupa tidak terjadi saat Bulan Ramadan. Di sentral ekonomi dan di perumahan juga terus kita monitor untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas,” ungkapnya, Rabu (22/3/2023).

Hal tersebut dilakukan bahwa polisi benar-benar hadir di tengah masyarakat saat Bulan Ramadan.

“Kami pastikan kegiatan ibadah di masjid juga akan dijaga aoleh Bhabinkamtibmbas dan personil Polres Dumai maupun Polsek Jajaran yang ditunjuk. Selain beribadah kami juga menjaga, ketika kita menjaga saat masyarakat sedang melaksanakan ibadah itu amalnya akan meningkat,” pungkasnya.

Tak hanya itu, patroli pada jam rawan terjadinya tindak pidana khususnya jelang Hari Raya Idul Fitri saat banyak rumah ditinggalkan pemiliknya untuk mudik ke kampung halaman juga akan semakin ditingkatkan.

“Sebagai antisipasi meningkatnya tindak kejahatan seperti pencurian hingga bongkar rumah dan perampokan lainnya baik dipusat keramaian, toko hingga para nasabah bank. Silahkan seluruh masyarakat untuk berkoordinasi dengan Kepolisian terkait pengamanan dan pengawalan jika hendak membawa uang dalam jumlah besar, tentunya pelayanan tersebut gratis,” tegas AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K.

Dilanjutkannya, pencurian dengan bongkar rumah terutama rumah kosong agar diantisipasi, apabila hendak keluar rumah ataupun meninggalkan rumah dalam waktu lama agar menitipkan kepada tetangga sekitar, Ketua RT dan Bhabinkamtibmas setempat agar dilakukan kontrol dan patroli secara rutin.

Dalam pelaksanaan Operasi Tertib Ramadhan 2023, Polres Dumai juga menghadirkan 1 Pos Pengamanan yakni didepan Pusat Perbelanjaan Ramaya Jalan Jendral Sudirman dan 4 Pos Pelayanan di 4 titik pusat keramaian ataupun Pasar Ramadhan yakni Jalan H.R. Soebrantas, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Janur Kuning dan Jalan Pangeran Diponegoro.

“Polisi hadir ditengah masyarakat guna minimalisir kejahatan ataupun perkelahian dan gangguan kamtibmas lainnya, dengan konsep operasi ini diharapkan tidak ada ruang bagi pelaku kriminal,” pungkas Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, S.H, S.I.K.

Diakhir penyampaiannya, Kapolres Dumai mewakili segenap keluarga besar Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai beserta Bhayangkari Cabang Dumai mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1444H/2023M bagi seluruh umat muslim.

“Mohon maaf lahir dan bathin,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *