Tahun Ini Pengeboran 16 Sumur Minyak Baru di Riau Dimulai

Riau – teraskini.com

Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu akan melakukan pengeboran sumur baru di 16 titik. Rencana operasi akan dilaksanakan sekitar April 2022.

 

General Manager BOB PT BSP-Pertamina Hulu Ridwan mengatakan langkah ini dilakukan dalam rangka untuk mengejar terget produksi Migas di tahun 2022. Dari 16 sumur baru yang akan dibor itu, terdapat 15 sumur untuk pengembangan dan satu sumur eksplorasi.

 

“Insyaallah, untuk kegiatan pengeboran sudah akan kami lakukan pada April atau Mei 2022 nanti. Untuk sumur ekplorasi, kami menargetkan kedalamannya hingga 880 meter (di bawah permukaan bumi) menggunakan ring 1.000,” ujarnya dalam sebuah pertemuan dengan Gubernur Riau, Selasa (11/1/2022) malam.

 

Dia pun meminta restu kepada Pemprov Riau dengan harapan agar kegiatan pengeboran sumur baru tersebut, membuahkan hasil yang maksimal untuk mengangkat jumlah produksi

 

Dalam kesempatan itu, Ridwan juga mengatakan dari 15 sumur baru yang akan dilakukan proses pengeboran, setidaknya ada tiga sumur yang kini masih terkendala. Adapun kendala yang dihadapi, yakni dua sumur yang izinnya masih berproses di DPMPTSP Provinsi Riau. Sedangkan satu sumur yang lahannya diduduki masyarakat.

 

“Kami mohon kepada Pak Gubernur dan Pemprov Riau untuk segera memproses perizinannya agar kegiatan pengeboran bisa dilakukan sesuai jadwal. Kemudian satu sumur lagi memang izinnya sudah selesai semua. Namun kendalanya saat ini, lahannya diduduki oleh masyarakat. Kami juga mohon kepada DLHK Provinsi Riau untuk membantu menyelesaikan kendala-kendala ini,” ungkapnya.

 

Di kesempatan yang sama Gubernur Riau Syamsuar merespon bahwa sejauh ini tak ada kendala berarti dalam upaya kegiatan produksi migas di Riau. Gubri juga menjamin bahwa kendala yang dihadapi BOB BSP akan langsung ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

 

“Kami sudah mendengar semuanya terkait rencana pengeboran sumur baru oleh pihak BOB BSP di tahun ini. Yang jelas untuk kendala seperti perizinan dan terkait lahan sudah langsung direspon oleh instansi terkait dan kami memastikan Pemprov Riau siap membantu menyelesaikan kendala yang kini dihadapi,” kata Gubri.

 

Dia menambahkan, Pemprov Riau sepenuhnya memberikan dukungan kepada BOB BSP-Pertamina Hulu, terutama terkait kegiatan pengeboran sumur baru yang akan dilakukan pada tahun ini. Hal itu kata Gubri tidak lain agar target produksi Migas di tahun 2022 bisa tercapai dengan maksimal.

 

“Kami, Pemprov Riau sangat berharap upaya-upaya seperti ini harus sama-sama kita dukung. Termasuk dengan pihak SKK Migas juga kami ucapkan terimakasih karena telah menginisiasi pertemuan ini sehingga kami tahu apa saja kendala yang dihadapi dan harus diselesaikan,” terang Gubri.-dnr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page